Cabai cabai keriting

2:57:02 Cabai atau cabai merah atau chili adl buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sbg sayuran mpn bumbu, trgntng bgmn dgnkn. Sebagai bumbu, buah cabai yg pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bg seni mskn Padang, cabai bhkn dianggap sbg "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt sulit bagi mskn Padang dibuat tnp cabai.
Manfaat Cabai
Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu spesies sayuran yg memilki nilai ekonomi yg tngg. Cabai mngndng brbg jenis senyawa yg berguna bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mngndng antioksidan yang brfngs untk mnjg tbh dr srngn radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adl pada cabai hijau. Cabai juga mngndng Lasparaginase dan Capsaicin yg brprn sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn salah satu komoditas sayuran yang bnyk dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tngg [2]& mempunyai bbrp mnft kesehatan yang slh satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mngndlkn penyakit kanker. Sln itu kndngn vitamin C yang ckp tinggi pd cabai dapat mmnh kebutuhan harian stp orang, namun hrs dikonsumsi sckpnya untk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman
Cabai atau lombok trmsk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) & mrpkn tumbuhan yg mdh ditanam di dataran rndh ataupun di dataran tngg. Tumbuhan cabai bnyk mngndng vitamin A & vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan khngtn panas bl dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditanam dg mdh shngg bisa dipakai untk kbthn sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.
Tumbuhan cabai cocok ditnm pd tanah yang kaya humus, gembur dan sarang, srt tidak tergenang air; pH tanah yg ideal sktr 5-6. Waktu tanam yg baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat hrg cabai yg tngg, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober & panen pd bln Desember, wlpn ada risiko kggln. Tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang ditnm dari tanaman yang sehat serta bbs dr hama dan penyakit. Buah cabai yg telah dislks untuk bibit dijmr hngg krng. Kalau pnsnya ckp dlm lima hari tlh krngkering kmdn baru diambil bijinya: Untuk areal satu hektar dibthkn sktr 2-3 kg buah cabai (300-500 gr biji).

Permasalahan produksi
Salah satu gangguan utm dalam sistem produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI thn 2006 mnnjkkn bhw kerusakan pd pohon cabai di Indonesia dapat mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng srng tampak sehat dan utuh dari luar ttp bila dilihat di dlmnya membusuk dan mengandung larva lalat. Pnybbnya trutm adl lalat buahBactrocera carambolae. Krn gejala awlnya yg tak tampak jelas, smntr hama ini sbnrnnya masih trbts di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yg ditakuti shngg dapat mnjd pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pada produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan slh satu hama penting pd budidaya cabai krn dapat mnybbkn kerusakan hngg 80%. Upaya pngndlnnya bisa mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga. [4]

Upaya penanggulangan hama
Sbnrnya sudah dilkkn cara untuk mengendalikan serangan lalat buah ini, di antaranya adl pembrongsongan yang dapat mencegah serangan lalat buah. Akan ttp, cara ini tidak praktis untk dilkkn pd tanaman cabai dalam areal yg luas. Smtr penggunaan insektisida selain mncmr lingkungan jg sngt brbhy bagi knsmn buah. Oleh krn itu, diperlukan cara pngnndln yang rmh lingkungan dan cocok untuk ditrpkn di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Upaya pngndln lalat buah pada tanaman cabai, khususnya cabai merah, adl penggunaan insektisida sintetik karena dianggap praktis, mudah diperoleh, dan menunjukkan efek yg cpt. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg penolak lalat buah.[5]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Dharmasraya Kab. Serang Kab. Ende Kapuas Hulu Sungai Utara Kab. Ende Toli-Toli Kota Semarang Kota Mojokerto Serdang Bedagai Kab. Temanggung Kotabaru Siak Banggai Kepulauan

Dan Kec lainnya Kec. Buaran Kec. Jenu Kec. Pujer Kec. IV Angkat Candung Kec. Salaman Kec. Purwojati Kec. Rambah Hilir Kec. Lolofitu Moi Kec. Lubuk Sikaping Kec. Tanggung Gunung Kec. Pujon Kec. Banjarmangu Kec. Penarik Kec. Ngawen Kec. Tanjung Karang Timur Kec. Bungin Kec. Ngaliyan Kec. Muara Sugihan Kec. Krayan Selatan Kec. Adian Koting

Tag Cabai cabai keriting

Tag search: cabai keriting Cabai


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai cabai keriting adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai cabai keriting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit