Durian durian pendek buah lebat

13:35:01 Durian adalah nama tumbuhan tropis ygbrsl dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yangbisa dikonsumsi. Nama ini diambil dariciri khas kulit buahnya yg keras & berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadl buah yg kontroversial, meskipun banyak orgyang menyukainya, namun sebagian yang lain mlh muak dengan aromanya.
Sesnghny, tumbuhan} dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tmbhn dr marga Durio. Namun, yg dimksd dg durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adl Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan & kadangkala dijumpai di pasar tempatnya di Asia Tenggara di antaranya adl lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bwh ini mengacu kepada D. zibethinus.
Terdapat banyak nm lokal. Nama terbnyk ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera diknl sbg durian &duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, smtr orang Toraja duliang. Di Kota Ambon & kepulauan Lease biasa disebut sbg Doriang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen.
Pusat keanekaragaman durian adl Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sktrny juga memiliki bbrp plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, & Semenanjung Malaya meskipun tidak semelimpah Kalimantan. Meskipun dmkn, pengekspor utama durian adl Thailand, yg mampu mengembangkan kultivar dg mutu tinggi & sistem budidaya yang baik. Tmpt lain yang membudidayakandurian dg orientasi eksporadalah Mindanao di Filipina,Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, dan Sri Lanka.
Di Filipina, pst pnghsl durian adalah di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamerupakan perayaan tahunan untk durian di Davao City.
Pohon tahunan, hijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) tetapi ada saat tertentu untuk menumbuhkan daun-daun baru (periode flushing /atau peronaan) yang trjd setelah masa berbuah selesai. Tmbh tinggi dapat mencapai ketinggian 25–50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian sering memiliki banir (akar papan). Pepagan (klt btng) berwarna cklt kemerahan, mnglps tak beraturan. Tajuknya rindang dan renggang.
Daun berbentuk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip / tumpul & berujung lncp melandai; sisi atas brwrn hijau terang, sisi bwh trttp sisik-sisik brwrn perak atau keemasan dg bulu-bulu bintang.
Bunga (jg buahnya) mncl lngsng dari batang (cauliflorous) / cabang-cabang yangtua di bagian pangkal (proximal), berkelompok dalam krngn berisi 3-10 kntm brbntk tukal atau malai rata. Kncp bunganya [mmblt|membulat}, sekitar2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bntk tabung spnjng lk. 3 cm, daun kelopak tmbhn berbentuk bundar telur. Mahkota bntk sudip, [kr|kira-kira} 2× pnjg kelopak, berjmlh 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya banyak, terbagi ke dlm 5 berkas; kpl putiknya membentuk bongkol, dengan tangkai yang berbulu.[4] Bunga muncul drkuncup dorman, mekar pada sore hari & brthn hngg beberapa hari. Pd siang hari bunga menutup. Bunga ini menyebarkan aroma wangi yg berasal dari kelenjar nektar di bagian pangkalnya untk menarik perhatia kelelawar sbg penyerbuk utmnya. Kajian di Malaysia pd thn 1970-an mnjkn bhw penyerbuk durian adalah kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian thn1996 lbh jauh mnjkn [bhw|bahwa} hewan lain, sprt burung madu Nectariniidae & lebah trt srt dalam penyerbukan tiga kerabat durian lainnya. Buah durian bertipe kapsul brbntk bulat, bulat telur hgg lonjong, dengan panjang hngg 25 cm & diameter hngg 20 cm.[4] Kulit buahnya tbl, permukaannya bersdt tajam ("berduri", karena itu dsbt "durian", wlpn ini bkn duri dlm pengertian botani), bwrn hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hngg keabu-abuan.
Buah berkembang setelah pembuahan & mmrlkn 4-6 bulan untk pemasakan. Pada ms pemasakan trjd persaingan antar buah pd satu klmpk, shgg hanya satu ataubbrp buah yg akan mencapai kemasakan, &\dan sisanya rontok. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mencapai 1,5 hingga 5 kg, shgg kebun durian mjd kawasan yangberbahaya pada masa musim durian. Apbl jatuh di atas kepala seorg, buah durian dapat mnybbkn cdr berat atau bhkn kematian.
Stp buah memiliki lima ruang (awam menyebutnya "kamar"), yang mnjkn bnyknya daun buah yang dimiliki. Msng-msng rngn terisi oleh bbrp biji, biasanya tiga btr atau lbh, lnjng hngg 4 cm pnjngnya, & berwarna merah muda kecoklatan mngklp. Biji terbungkus oleh arilus (salut biji), yang biasa dsbt sbg "daging buah" durian) berwarna pth hngg kuning terang dg ketebalan yg bervariasi, namun pd kultivar unggul ketebalan arilus ini dapat mencapai 3 cm. Biji dg salut biji dalam perdgngn dsbt ponggè. Pemuliaan durian diarahkan untuk mnghslkn bj yg kecil dengan salut biji yg tbl, karena salut bj inilah bgn yang dimakan. Bbrp varietas unggl menghasilkan buah dengan biji yang tidak brkmbng nmn dg salut bj tbl (dsbt "sukun")
Durian sngt beraneka ragam. Sbgmn disebut di muka, beberapa jenis selain durian benar (D. zibethinus) jg dianggap sbg durian. Di Indonesia trctt ada 20 jenis anggt Durio (dr hmpr30-an jns), sembilan di antaranya dpt dimakan.[3][7] Durian yg bnr pun memilik banyak variasi. Lmbg pnltn di Indonesia, Malaysia, & Thailand telah merilis berbagai kultivar durian unggul. Sln itu terdapat pl ras-ras lokal yang dikenal baik nmn blm mnglm thp seleksi untuk mngktn kualitasnya.



Tag Durian durian pendek buah lebat

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian durian pendek buah lebat adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian durian pendek buah lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit